Rabu, 06 April 2016

Tugas Analisis ITSM

ITSM (Information Technology Service Management, Manajemen Layanan Teknologi Informasi) adalah suatu metode pengelolaan sistemteknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi.

ITSM umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebutoperations architecture, arsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya.

Pada ITSM terdapat Service Lifecycle , Service Lifecycle adalah salah satu bentuk model organisasi yang mempunyai bahasan tentang Cara, Komponen, dan Dampak dari melakukan kegiatan manajemen.

yg berikutnya mengenai Proses dan fungsi 
Proses menejemen ialah daur beberapa gugusan kegiatan dasar yang berhubungan secara integral, yang dilaksanakan di dalam manajemen secara umum, yaitu proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan proses pengendalian, dalam rangka mencapai sesuatu tujuan secara ekonomis.
sedangkan Fungsi nya adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

Berdasarkan penjelasan tersebut diatas, ITSM adalah tentang  :

1. Customer
2. Service 
3. Quality 
4. Cost 
5. Meeting Bussines Need 


Referensi :
https://www.sysaid.com/resources/what-is-itsm
https://id.wikipedia.org/wiki/PDCA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar